DIPRO ACHIEVEMENT GUIDE (DAG)

Dipro Achievement Guide (DAG) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh departemen Pendidikan dan Profesi (DIPRO) HMF FKIK UNRAM yang bertujuan untuk membantu mahasiswa farmasi FKIK UNRAM dalam menyusun proposal PKM, membentuk tim, memilih dosen pembimbing, memberikan semua informasi terkait PKM, dan memfasilitasi persiapan mahasiswa farmasi FKIK UNRAM untuk kegiatan PKM di tahun berikutnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan panduan dan pengetahuan tambahan agar mahasiswa dapat melaksanakan proyek PKM dengan lebih efektif dan dapat bersaing menuju PIMNAS serta memberikan dampak positifnya dalam lingkungan akademik maupun lingkungan masyarakat. Dipro Achievement Guide (DAG) pada tahun pertama ini mengangkat tema “Mengukir Prestasi menuju PIMNAS dengan Program Kreativitas Mahasiswa Penuh Inovasi”. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk talkshow dan dilaksanakan secara online pada tanggal 1 Juni 2024 serta mengundang pemateri yang berkompeten serta memiliki pengalaman dalam bidang PKM.

Pemateri pertama pada kegiatan ini adalah apt. Sucilawaty Ridwan, S.Farm., M.Si. yang merupakan dosen pembimbing PKM yang lolos pendanaan pada tahun 2023 dan 2024. Pemaparan materi yang disampaikan mengenai strategi yang efektif untuk mengoptimalkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), persiapan saat pendanaan berjalan selain melakukan penelitian di lab, serta persiapan yang harus dilakukan untuk PKP2 internal dan eksternal. Selanjutnya, pemaparan materi yang kedua disampaikan oleh saudara Nur Habiiburrahman yang merupakan ketua BSO PKM Center 2024 dan peserta PIMNAS 2023. Pada pemaparan materi yang kedua dilakukan dengan sharring pengalaman kepada peserta mengenai pengalaman menjadi peserta PIMNAS dan perjalanan yang dilewati hingga menuju PIMNAS. Pemaparan materi masing- masing dilakukan selama kurang lebih 60 menit. Di akhir kegiatan, dilaksanakan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi.

Terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan ini tidak luput dari kerja keras dan kekompakan panitia penyelenggara. Terlihat dari persiapan dan gladi yang dilakukan sebelum dilaksanakannya acara tersebut. Gladi dilakukan sehari sebelum terlaksananya kegiatan DAG untuk mempersiapkan serta memberi arahan kepada panitia yang bertugas dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada hari-H seperti link ZOOM dan bahan yang akan di share screen sehingga pelaksanaan kegiatan DAG tahun ini berjalan dengan lancar.

Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan Dipro Achievement Guide (DAG) ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa Farmasi FKIK UNRAM.

#DAG2024
#DIPROPTIMIS
#KABINETATMAKARA
#HMFFKIKUNRAM
#InfinityMedfor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X