Pharmacy Counseling Class

Pharmacy Counseling Class (PCC) merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram khususnya pada Departemen Pendidikan dan Profesi (DIPRO). Tujuan diadakannya PCC ini adalah untuk dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa farmasi sebagai calon farmasis mengenai cara melakukan konseling yang baik dan benar serta mampu meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram dalam upaya konseling pada pasien nantinya. Adapun tema yang di usung pada PCC ini adalah “Kupas Tuntas Teknik Konseling Obat” dengan pemateri Ibu apt. Candra Eka Puspitasari, S.Farm., M.Sc.

Sasaran dari kegiatan ini yaitu mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram khususnya yang saat ini berada pada semester 1 dan 3. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 2 kali pertemuan yakni pada pertemuan pertama dilaksanakan dengan penyampaian materi mengenai konsep konseling secara offline pada hari Sabtu 18 November 2023 pukul 14.00 – Selesai bertempat di ruang 201 Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram. Pada pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 pukul 14.00 – selesai bertempat di Ruang Kelas D Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram dengan kegiatan berupa simulasi konseling. Pada saat simulasi konseling, peserta  dibagi kedalam beberapa kelompok, dimana satu kelompok akan terbagi menjadi dua orang yang akan menjadi apoteker dan juga pasien. Selanjutnya, peserta akan melakukan konseling terkait dengan kasus yang didapatkannya. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan komunikasi dan memperkenalkan proses konseling yang baik kepada mahasiswa sehingga mampu diterapkan pada saat berinteraksi secara langsung kepada pasien. Pharmacy Counseling Class ini diikuti sebanyak 22 peserta mahasiswa Farmasi Universitas Mataram.

Terlaksananya kegiatan ini tidak luput dari kerja keras dan kekompakan panitia penyelenggara. Terlihat dari sebelum dilaksanakan acara tersebut, panitia mengadakan rapat dan gladi pada H-1 pelaksanaan untuk mempersiapkan tempat dan segala perlengkapan yang dibutuhkan serta memberi arahan kepada panitia yang bertugas. Sehingga pelaksanaan kegiatan Pharmacy Counseling Class (PCC) tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X