Sosialisasi Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri

Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram melakukan kegiatan Sosialisasi Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023 pada tanggal 30 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Program Studi (Prodi) di lingkungan Universitas Mataram serta mitra yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram.

Acara dimulai dengan pengarahan dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram, Dr. dr. Arfi Syamsun., Sp.KF., Msi.Med, yang memberikan penjelasan mengenai tujuan dan manfaat dari program akselerasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan tinggi yang mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023. Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari hibah Kemendikbud Ristek untuk membantu Program Studi dapat menjadi mandiri dalam melakukan MBKM. Selain itu, beliau juga menyampaikan komitmen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram dalam mengimplementasikan program tersebut, meskipun Program Studi Kesehatan tidak diwajibkan melaksanakan MBKM.

Setelah pengarahan dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai implementasi Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi yang mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023 oleh Ketua Program apt. Eskarani Tri Pratiwi, M.S.Farm. menyatakan dalam rangka mewujudkan keberlanjutan dan kemandirian dalam melaksanakan program MBKM diperlukan kurikulum program studi yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif, serta dirancang untuk memfasilitasi mahasiswanya mengikuti berbagai bentuk kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM. Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram sendiri menggunakan 3 skema BKP dalam program ini, yaitu PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), Magang di apotek, dan Studi Independen. Adapun mitra yang terlibat di antaranya adalah Universitas Hang Tuah Surabaya, Apotek Kimia Farma, Apotek Nia, dan BRIN.

Setelah pemaparan, dilakukan sharing dari Program Studi lain mengenai MBKM yang sudah berjalan di Program Studi masing-masing dan pemberian kesan dan pesan dari mitra. Seluruh mitra memberikan saran yang membangun untuk mengembangkan program MBKM, serta menyampaikan kesan dan pesan sebagai pembimbing di luar kampus.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh civitas akademika Universitas Mataram dapat mengembangkan dan mengimplementasikan program MBKM lebih baik lagi. Hal ini akan memperkuat peran Universias Mataram dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di era globalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X