WORLD PHARMACIST DAY 2023

Pada tahun ini, World Pharmacist Day 2023 (WPD 2023) tema dan isu yang diangkat oleh FIP (International Pharmacy Federation) sebagai induk organisasi apoteker dunia ialah “Pharmacists Strengthening Health System“. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memberikan peluang dalam meningkatkan kesadaran apoteker sebagai solusi cerdas layanan kesehatan guna memenuhi kebutuhan sistem kesehatan di seluruh dunia di masa depan setelah krisis COVID-19.

WPD merupakan salah satu program kerja dari Departemen Hubungan Masyarakat HMF FK Unram yang diadakan setiap tahunnya. Tahun ini terdapat 3 rangkaian yang dilakukan dalam memeriahkan WPD ini. Pertama, pada tanggal 25 September 2023 diadakan perayaan secara online yang serentak dilakukan oleh mahasiswa/i Farmasi FK UNRAM yaitu memposting twibbon pada masing-masing akun media sosial serta diikuti dengan postingan video yang di upload pada akun media sosial HMF-FK UNRAM.

Kedua, yaitu pada tanggal 28 September 2023 HMF-FK UNRAM mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan oleh IAI berlokasikan di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi dari Universitas lain sebagai bentuk silaturahmi antar Himpunan Mahasiswa Farmasi. Berbagai rangkaian acara diikuti mulai dari senam bersama sampai foto bersama.

Selanjutnya kegiatan inti dari perayaan WPD ini ialah penyuluhan atau sosialisasi dengan sasaran siswa/i salah satu SMA yang ada di Pulau Lombok. Tahun ini, HMF-FK UNRAM melakukan sosialisasi yang berlokasikan di SMAN 1 Gerung, pada tanggal 30 September 2023 dengan tema yang diangkat yaitu “Know The Pharmacist Role“. Materi sosialisasi disampaikan oleh Ibu apt. Mahacita Andanalusia, S.Farm., M.Farm. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan mendapatkan feedback yang positif dari siswa/i SMAN 1 Gerung. Acara pun dapat berjalan dengan lancar sampai selesai. Dengan diadakan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa/i SMAN 1 Gerung terhadap peran seorang farmasis, membentuk jiwa farmasis sejak dini, serta meningkatkan kepercayaan siswa/i terhadap praktik kerja profesi farmasi. Selain itu, dari kegiatan ini juga secara tidak langsung memperkenalkan/mempromosikan Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram kepada siswa/i SMAN 1 Gerung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X