ENGLISH DIPRO CLASS (EDC)

English Dipro Class (EDC) 2023 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh departemen Pendidikan dan Profesi (DIPRO) HMF FK UNRAM berkolaborasi dengan kementerian Pendidikan dan Profesi (PENDPRO) BEM KM FK UNRAM. Adapun tahun ini, penyelenggaraan kegiatan kembali didukung oleh Pusat Bahasa UNRAM melalui kerjasama yang terjalin. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Menambah kemampuan berbahasa inggris sehingga mahasiswa mampu menyelesaikan kesulitan yang dihadapi ketika melakukan tes TOEFL; 2) Agar berhasil mendapatkan nilai atau skor yang sesuai dengan ketentuan kelulusan mahasiswa FK UNRAM;3)Agar mahasiswa lebih terarah dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL serta mampu mencapai nilai atau skor yang ditentukan oleh pihak kampus sebagai syarat kelulusan serta syarat untuk mengikuti kegiatan dalam ranah internasional. Adapun pada tahun ini kegiatan ini bertemakan ‘Elevate your English Language Skill” dengan 1 kali penyelenggaraan dan terdiri dari 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua merupakan kegiatan TOEFL CLASS dan pertemuan ketiga merupakan TOEFL TEST. Kegiatan ini diikuti oleh 106 peserta baik dari Program Studi Farmasi maupun Program Studi Pendidikan Dokter.

TOEFL CLASS dilaksanakan secara online yang diisi oleh Bapak Drs. I Made Sujana, M.A yang sekaligus merupakan Kepala Pusat Bahasa Unram hingga saat ini. TOEFL CLASS dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis/ 21-22 Juni 2023 melalui platform ZOOM Meeting. Pada hari pertama, pemateri menyampaikan materi tentang tips dan trik mengerjakan test TOEFL. Sementara pada hari kedua kelas, pemateri mengajak peserta untuk membedah soal-soal test TOEFL sebagai bahan persiapan untuk TOEFL TEST kemudian nanti. Penyampaian materi dilakukan selama kurang lebih 120 menit dan setelahnya dilakukan sesi diskusi selama 20 menit. Sementara itu, pertemuan ketiga yaitu TOEFL TEST dilakukan secara offline di gedung Pusat Bahasa UNRAM pada hari Senin, 26 Juni 2023 dan diikuti oleh 89 peserta test. Tes dilakukan selama 120 menit dari jam 11.00 WITA-13.00 WITA. Namun sebelum pelaksanaan tes, peserta diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sembari mengecek perlengkapan seperti ID, dan alat tulis yang akan digunakan. Setelah kegiatan test selesai, peserta dibagikan snack untuk konsumsi dari panitia.

Terlaksananya kegiatan ini tidak luput dari kerja keras dan kekompakan panitia penyelenggara. Terlihat dari sebelum dilaksanakan acara tersebut, beberapa kali panitia melakukan rapat koordinasi serta melakukan gladi. Gladi dilakukan 2 hari sebelum dan 1 hari sebelum TOEFL Class dimulai untuk mempersiapkan serta memberi arahan kepada panitia yang bertugas dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada hari-H seperti link ZOOM dan bahan yang akan di share screen. Selain itu, panitia juga membantu menyiapkan ID dan juga kelengkapan atau keperluan peserta lainnya. Sehingga pelaksanaan kegiatan EDC tahun ini berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X