Laboratorium

Visi Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram adalah menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang sesuai dengan standar kompetensi pendidikan kefarmasian nasional, unggul dalam bidang komunitas dan etnomedisin serta berdaya saing internasional pada tahun 2025. Untuk mencapai hal tersebut salah satu upaya yang ditempuh melalui penyelenggaraan laboratorium yang berkualitas sesuai dengan Standar Minimum Laboratorium Farmasi 2006.

Program Studi Farmasi Universitas Mataram telah memiliki laboratorium sejak 2016 dengan 4 laboratorium berbasis bidang keilmuan  dan 1 laboratorium riset. Setelah berada dibawah Fakultas Kedokteran, terjadi perubahan struktur. 4 laboratorium tersebut bergabung dalam Laboratorium Dasar dan Klinik. Adapun laboratorium riset berubah menjadi Laboratorium Riset dan Pengembangan. Pada tahun 2019 terdapat tambahan Laboratorium Pengujian Obat.

Keempat laboratorium penunjang pendidikan (Farmakokimia, Biologi Farmasi, Formulasi dan Teknologi Sediaan Farmasi serta Farmakologi) berlokasi di Gedung Gatot Suherman Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Adapun laboratorium pengujian obat berlokasi di Laboratorium Dasar Bersama. Laboratorium pendidikan dan penelitian dikelola oleh tenaga laboratorium meliputi laboran, analis dan teknisi yang bertanggungjawab kepada masing-masing Kepala Laboratorium.

X